19 Mei 2011

UPACARA PERSEMBAHYANGAN & PEMBAKTIAN

Upacara Persembahyangan dan Pembaktian di Pura “Dalem Kadewatan”
1.      Pelaksanaan upacara dipimpin oleh sesepuh Pura (I Gede Puri Astha A.G.P).
2.      Pelaksananaan Pengastawanan Bakti Persembahyangan dipimpin oleh Jero Tapakan Dadi, dibantu;
a.       Jero Mangku Made Intaran
b.      Jero Nyoman Ceraki
c.       I Made Mangku Dugdug
d.      Para Pemangku dari Panti Penyungsung 

Pelaksanaan Upacara

            Upacara Puja Wali Ida Betara Kawitan beserta para leluhur dilaksanakan setiap hari Purwaningning Sasih Kapat, dengan acara sebagai berikut;
a.      Tiga hari sebelum Upacara Pujawali, dilaksanakan Upacara Mekandal / Merebu.
b.      Pada Hari Purwaningning Sasih Kapat, pagi Jero Mangku ngaturang Bakti Petangi di Pendewalayaan Betara (tempat Ida Betara Kawitan Moksah).
c.       Selanjutnya melaksanakan Bakti Penuhur dipalinggih Padma Ste Sedana di Satia Loka, untuk nurunang Kawisesan Ida Meraga Sang Hyang Tiga Wisesa yaitu; Siwa, Sada Siwa, Perama Siwa agar manunggal dengan Kesucian Sang Hyang Perematma meraga ; Suniyatma, Nisklaatma, Adiatma, tempat beliau di Padma Ste Sedana, Simbol beliau ARDA CANDRA WINDU NADA selanjutnya beliau nurunang Kawisesaan beliau sebagai berikut;
-          Pertama
Penunggalan Kawisesaan Ida meraga Perama Siwa Manunggal dengan Kesucian Sang Hyang Perematma meraga Suniyatman Ida Betara Kawitan (Sang Resi Sakti Madue Gama ) atau SHRI AJI SIRA ARYA GAJAH PARA dengan jalan Moksah Mantuk ke Kadewatan Ida meraga Perama Siwa Suniyatmanenamah, Ida Keragayang Kawitan tempat beliau di Satia Loka, Setanan beliau di Padma Sana, simbol beliau dengan aksara OM KARA MERTA.
-          Kedua
Penunggalan Kawisesaan Ida meraga Sada Siwa manunggal dengan Kesucian Sang Hyang Perematma meraga Nisklaatman istri Betara Kawitan dan Putra Betara Kawitan Arya Gajah Para dan Arya Getas serta Nisklaatman warga keturunan beliau, kesucian yang telah kena Upacara Arya Gajah Para dan Arya Getas serta Nisklamatman  warga keturunan beliau, kesucian yang telah kena Upacara Atma Wedana, Pengroras atau Mukur  maka beliau sudah meraga Sada Siwa Nisklaatmanenamah, Ida meraga Arda Nare Suara Arda Nare Suari, Cetana Iawan Acetana, Ida sudah meraga Ida Hyang Kompiang, tempat beliau di Padma Agung Rong Dua, symbol beliau 
-          Ketiga
Penunggalan Kawisesan Ida meraga Siwa Sada Rudra, manunggal dengan Kesucian Sang Hyang Perematma meraga Adiatman warga Keturunan SHRI AJI SIRA ARYA GAJAH PARA, yang telah kena Upacara Ngaben, Pelebon beliau meraga Sada Rudra Adiatmanenamah juga meraga Dewata-dewati tempat beliau di Jana Loka, Setanan beliau di Padma Angelayang Rong Tiga, simbol beliau dengan aksara ANG UNG MANG.

Sesudah beliau melinggih di masing-masing Pelinggih, sorenya sekitar pukul 16.00, para Pemomong Pura dan Pemedek ngiring Ida Betara Kawitan melasti ke Telaga Ngembeng untuk Ngamet Toya Anyar make sedaning Upacara Pebaktian di Pura Kawitan dan sesudahnya kembali ke Khayangan Kawitan, Toya Anyar make sedaning Upacara Kelinggayang di Pelinggih Padma Ste Sedana di Satia Loka . 

Pelaksanaan Pebaktian 
  1. Upacara Pebaktian di Merajan Tunon, di laksanakan oleh Jero Mangku, yaitu ngaturang suksema kehadapan Ida Sanghyang Berawi meraga Sanghyang Tri Murti, yang telah upesaksi pelaksanaan Diah Ayu Awetara istri Ida Betara Kawitan mesatia ring rabi dengan jalan Melabuh Geni untuk ngetut pemargin Ida Betara Kawitan ke Sunia Loka.
  2. Upacara Pembaktian di Tapa Loka, yaitu ngaturang piuning kehadapan Ida Bhatara Yama Dipati bahwa Pemomong Pura melaksanakan Upacara Pujawali di Pura Kawitan, mohon restu beliau agar pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar serta menganugerahkan Tirta Pengelukatan dan Pembersihan.
  3. Upacara Pembaktian di Meraja Pati, yaitu nguningang kehadapan Ida Bhatara Merja Pati bahwa semua Roh Para Seda yang belum kena Upacara Pitra Yadnya yang tangkil kehadapan beliau disuguhkan Soda oleh para pemedek dan mohon restu dari beliau agar bisa masuk ke Kahyangan Kawitan dengan Nunas Tirta Pengelukatan dan Pembersihan yang dipuput oleh Jero Mangku
  4. Upacara Pembaktian di Jana Loka, di Pelinggih Padma Angelayang Rong Tiga, Ngaturang Bakti Piodalan (Pujawali) kehadapan Betara Dewata-Dewati
  5. Upacara Pembaktian di Maha Loka, di Pelinggih Padma Agung Rong Dua, ngaturang Bakti Piodalan (pujawali) ke hadapan Betara Ida Hyang Kompyang. 
  6. Upacara Pembaktian di Satia Loka, di Pelinggih Padma Sana, Ngaturang Bakti Piodalan (pujawali) ke hadapan Ida Betara Kawitan ( SHRI AJI SIRA ARYA GAJAH PARA )
Setelah Jero Mangku selesai Ngaturng Pembaktian di masing-masing Pelinggih, lalu warga Penyungsung Pura serta Pemedek semua melaksanakan Persembahyangan bersama yang dituntun oleh Sesepuh Pura Kawitan dengan Panca Sembah sebagai berikut :

1. Sembah Pertama      :
Dengan tangan kosong ditujukan ke Pelinggih Padma Ste Sedana kehadapan Sanghyang Perama Wisesa di satia Loka.
 
2. Sembah Kedua        :
Dengan pakai bunga ditujukan ke Jana Loka di Pelinggih Padma Angelayang Rong Tiga kehadapan Ida Betara Dewata-Dewati
 
3. Sembah Ketiga         :                                                                
Dengan pakai bunga, ditujukan ke Maha Loka di Pelinggih Padma Agung Rong Dua ke hadapan Ida Hyang Kompyang
 
4. Sembah Keempat     :                                                                                 
Dengan bunga ditujukan ke Setia Loka di Pelinggih Padma Sana kehadapan Ida Betara Kawitan ( SHRI AJI SIRA ARYA GAJAH PARA ) selanjutnya Jero Mangku Tirta Wangsuh pada Ida Betara kepada Pemedek terus membagikan Bija

5. Sembah Kelima       :
Dengan tangan kosong ditujukan kembali ke Satia Loka di Pelinggih Padma Ste Sedana kehadapan Ida Sanghyang Perama Wisesa Ngaturang Suksema.

            Setelah selesai melaksanakan persembahyangan, para Pemedek kembali pulang ke panti masing-masing begitu pula Pemomong Pura selanjutnya melaksanakan Pembaktian ke hadapan Ida Betara Ngaturang Bakti Pemunggahan ( Nyineb ), untuk jelasnya dengan ini kami uraikan kisah Ida Betara Kawitan ( SHRI AJI  SIRA ARYA GAJAH PARA ) semenjak beliau Keragayang Kawitan bersemayam di Pura Dalem Kadewatan, di Suke Ngeneb Gangga Luah Toya-Anyar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar